• apa itu robotik || kuliah komputer di jambi ( i-tech )

    apa itu robotik || kuliah komputer di jambi ( i-tech )


    AlamatITech Course, Jl. Kiai H. Ahmad Dahlan No.1, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34111
    Anda berkunjung 2 bulan yang lalu

    kuliah komputer di jambi ( i-tech ) |  Robotik ialah ilmu mengenai robot, yang adalahmesin yag bisa meniru perbuatan tertentu manusia. Ada robot yang bisa secara otomatis menanggapi situasi lingkungan sekitarnya. Istilah robot berasal dari kosa kata Ceko robota, yang berarti “kerja paksa”. Umumnya robot mengerjakan tugasnya serupa seperti budak. Mereka bekerja dalam jangka waktu paling lama dan guna satu susunan tugas berulang-ulang.

    Ada jenis robot uji jajaki yang digunakan oleh para berpengalaman untuk menganalisis seberapa serupa gerak-gerik mereka sewaktu menirukan gerak manusia.  Robot bisa diprogram untuk menggarap tugas-tugas yang menurut insan tergolong membosankan atau tidak menyenangkan.

     Jika sirkuit elektronik dan semua mekanismenya terlindung, robot pun mampu beroperasi di dalam situasi berbahaya. Robot Mampu menangani bahan radioaktif, menyemprotkan cat di ruangan yang sarat asap, bekerja jauh di bawah air, dan menjelajahi lingkungan-lingkungan yang tidak cukup bersahabat laksana di permukaan Mars. Robot juga digunakan untuk mendeteksi dan menjinakkan bom serta ranjau darat.  

     Jenis-Jenis Robot  Biasanya robot dalam dunia industri ialah jenis robot berlengan, yang mempunyai sendi mekanik yang memungkinkan mereka bergerak dengan lancar. Robot tipe ini pun dapat mengolah panjang lengannya cocok dengan kebutuhan. Tenaga penggerak lengan bersumber dari sistem hidraulik atau pneumatik. Jumlah arah gerak dari sebuah lengan robotik dinamakan derajat kebebasan. Sendi yang bisa memutar, bergerak ke atas dan ke bawah, dan bergerak menyamping berarti mempunyai tiga derajat kebebasan.

      Pada ujung lengan robotik terdapat suatu alat yang dinamakan efektor ujung, entah berupa telapak tangan yang bisa mencengkeram, penyemprot, laser , pemotong dan pengelas logam, atau piranti lain. Unit mikroprosesor menyerahkan instruksi untuk motor yang terdapat di dalam lengan robotik untuk menanam posisi efektor ujungnya secara tepat di atas tempat-tempat yang dituju.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar