• Kabel Coaxial - Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kelemahan Beserta Karakteristiknya dalam Jaringan Komputer|Kuliah komputer di jambi ( i-tech )

    Kabel Coaxial - Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kelemahan Beserta Karakteristiknya dalam Jaringan Komputer || Kuliah komputer di jambi ( i-tech )

    https://kuliahkomputerdijamb.blogspot.com/





    ITech Course, Jl. Kiai H. Ahmad Dahlan No.1, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34111
    Provinsi: Lampung
    Telepon: (0725) 44430

    kuliah komputer di jambi ( i-tech ) || Kabel coaxial adalahkabel jaringan yang dibalut dengan metal yang lembek. Instalasi jaringan memakai kabel ini relatif lebih mudah dikomparasikan dengan memakai kabel UTP akan namun kecepatan akses pada kabel tidak banyak lebih lambat sehingga banyak sekali orang enggal guna menggunakannya. Kabel coaxial lebih efisien dipakai untuk sistem jaringan dengan kapasitas yang sedikit sebab kecepatan aksesnya yang tidak memungkinkan untuk dipakai pada jaringan dengan kapasitas yang besar.

    Fungsi Kabel Coaxial Pada Jaringan Komputer

    Kabel Coxial dalam jaringan komputer bermanfaat untuk menghubungkan perangkat-perangkat didalam jaringan komputer, contohnya untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Kabel ini tidak dipakai dalam topologi star sebab jaringan dengan topologi star seringkali menggunakan kabel UTP guna media transmisinya.

    Kabel Coaxial seringkali diguanakan pada topologi jaringan bus yang tutik percabangannya memakai TConector dan memakai konektor BNC guna koneksi tiap node nya.

    Bagian - unsur dari kabel coaxial:
    Kabel coaxial terdiri atas dua kabel yang diselubungi oleh dua tingkat isolasi. Tingkat isolasi kesatu ialah yang sangat dekat dengan kawat konduktor tembaga. Tingkat kesatu ini dibentengi oleh serabut konduktor yang memblokir bagian atasnya yang mengayomi dari pengaruh elektromagnetik.

    Sedangkan unsur inti yang dipakai untuk transfer data ialah bagian tengahnya yang selanjutnya diblokir atau dibentengi dengan plastik sebagai pelindung akhir guna menghindari dari goresan kabel. Berikut ialah bagian-bagian kabel coaxial beserta fungsinya:
    Konduktor, unsur ini adalahinti dari kabel yang bermanfaat sebagai kemudian lintas data dalam jaringan

    Grounding adalahkabel berserabut yang dipilin menyilang dan mengelilingi isolator dalam. Bagian kabel ini bermanfaat untuk mengantisipasi pengaruh interfensi frekuensi listrik yang tidak diinginkan.
    Isolator dalam adalahbagian kabel yang bermanfaat untuk mengayomi bagian konduktor.
    Isolator luar adalahbagian kabel yang terletak pada kulit terluar yang bermanfaat sebagain pelindung kabel secara keseluruhan.
    Karakteristik Kabel Coaxial :

    1. Kecepatan dan keluaran 10 - 100 MBps
    2. Biaya Rata-rata per node murah
    3. Media dan ukuran konektor medium
    4. Panjang kabel maksimal yang di izinkan yakni 500 meter (medium)

    Baca Juga: Pengertian, Fungsi, Keutungan dan Kerugian Topologi Jaringan Bus

    Kelebihan dan Kelemahan Kabel Coaxial Pada Jaringan Komputer

    Kelebihan Kabel Coaxial Pada Jaringan Komputer:
    Harga relatih murah
    Jarak jangkauannya lumayan jauh.

    Dapat dipakai untuk mengalirkan informasi hingga dengan 900 kanal telepon
    Karena memakai penutup isolasi maka kecil bisa jadi terjadi interferensi dengan system lain.
    Kekurangan Kabel Coaxial Pada Jaringan Komputer:

    Sulit pada saat mengerjakan instalasi
    Mempunyai redaman yang relative besar, sampai-sampai untuk hubungan jauh mesti dipasang repeater-repeater sebagai penguat sinyal
    Jika kabel dipasang di atas tanah, rawan terhadap gangguan-gangguan jasmani yang dapat berdampak putusnya hubungan

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar