• KULIAH KOMPUTER || KULIAH KOMPUTER DI JAMBI ( I-TECH )

    KULIAH KOMPUTER || KULIAH KOMPUTER DI JAMBI ( I-TECH )

    https://kuliahkomputerdijamb.blogspot.com/


    AlamatITech Course, Jl. Kiai H. Ahmad Dahlan No.1, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34111
    Anda berkunjung 1 bulan yang lalu

    KULIAH KOMPUTER DI JAMBI ( I-TECH ) || Pengertian Design Grafis ialah proses komunikasi memakai elemen visual, laksana tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk membuat persepsi akan sebuah pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.

    Secara singkat, design grafis ditafsirkan sebagai suatu format komunikasi visual yang memakai gambar untuk mengucapkan informasi atau pesan seefektif mungkin.

    Batasan Media
    Desain grafis pada tadinya diterapkan guna media-media statis, laksana buku, majalah, dan brosur. Seiring dengan berkembangnya zaman dan peradaban teknologi desain grafis pun diterapkan dalam media elektronik, yang tidak jarang kali dinamakan sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

    Sehingga batas dimensi pun sudah berubah seiring pertumbuhan pemikiran mengenai desain. Desain grafis dapat diterapkan menjadi suatu desain lingkungan yang merangkum pengolahan ruang.

    Prinsip dan Unsur desain
    Ketika membicarakan unsur dalam desain grafis maka tidaklah bertolak belakang dengan dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur itu (termasuk shape, format (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) menyusun prinsip-prinsip dasar desain visual.

    Prinsip-prinsip dan Unsur dalam design grafis nyaris sama dengan design lainnya :

    Keseimbangan (balance),
    Ritme (rhythm),
    Tekanan (emphasis),
    Proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity),
    Peralatan Desain Grafis
    Peralatan yang dipakai oleh desainer grafis ialah ide, akal, mata, tangan, perangkat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide seringkali tidak dirasakan sebagai suatu desain sebelum direalisasikan atau ditetapkan dalam format visual.

    Perancang grafis
    Perancang grafis atau tidak jarang disebut dengan Desainer grafis (bahasa Inggris: Graphic Designer) ialah profesi yang membuat ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion. Seorang desainer grafis membuat karya guna penerbit, media cetak dan elektronik, laksana brosur dan mengiklankan produk.

    Mereka bertanggung jawab untuk suatu tampilan supaya tampak menarik, yang dapat diaplikasikan dalam berbagai format materi promosi yang sehubungan dengan produk dan publik.

    Keterampilan Design Grafis
    Berikut ialah beberapa ketrampilan design grafis :

    Seni Visual
    Ilmu yang tergolong dalam seni visual antara lain ialah fotografi dan digital imaging.

    Tipografi
    Tipografi adalahseni dalam merancang, merangkai dan memodifikasi huruf. Tipografi melibatkan sejumlah pengaturan pada huruf laksana ukuran huruf, jenis huruf, tracking (jarak antar huruf secara umum), kerning (jarak antar dua huruf yang spesifik), dan leading (jarak antar baris).

    Tata Letak
    Tata letak ialah seni dalam merangkai elemen (konten) yang terdapat pada suatu halaman, laksana penempatan gambar dan teks. Ketrampilan ini umumnya dipakai dalam media cetak laksana majalah, buku, koran, tabloid, dsb. Tata letak pada suatu media cetak yang baik akan meningkatkan kenyamanan pembacanya.

    Desain Interaksi
    Sejak pertumbuhan dunia teknologi informasi, semua desainer grafis mulai berperan dalam merancang tampilan perangkat empuk (Antarmuka Pengguna Grafis atau APG (Inggris: Graphical User Interface (GUI))) dan tampilan dari halaman web.

    Desainer grafis berkolaborasi dengan developer situs web atau developer perangkat empuk dalam merancang tampilan untuk menambah kenyamanan pemakai saat memakai perangkat empuk atau mendatangi halaman web.

    Perangkat Lunak Desain Grafis
    Ada sejumlah perangkat empuk yang dipakai dalam desain grafis:

    Desktop publishing
    Adobe Photoshop
    Adobe Illustrator
    Adobe Indesign
    Coreldraw
    GIMP
    Inkscape
    Macromedia Freehand
    Adobe image ready
    CorelDraw
    Adobe Page Maker
    Paint Tool SAI
    Webdesign
    Adobe Dreamweaver
    Microsoft Frontpage
    Notepad
    Adobe Photoshop
    Macromedia firework
    Audiovisual
    Adobe After Effect
    Adobe Premier
    Final Cut
    Adobe Flash atau sebelumnya Macromedia Flash
    Ulead Video Studio
    Magic Movie Edit Pro
    Power Director
    Rendering 3 Dimensi
    3D StudioMax
    Cinema 4d
    Maya
    AutoCad
    Google SketchUp
    Light Wave
    Blender
    Softimage
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar