• Pengertian DBMS Beserta Fungsi dan Contoh Software DBMS yang Paling Sering Digunakan Moch. Azam Komputer, Website|Kuliah komputer di jambi I-TECH

    PENGERTIAN DBMS BESERTA FUNGSI DAN CONTOH SOFTWARE DBMS YANG PALING SERING DIGUNAKAN MOCH. AZAM KOMPUTER, WEBSITE|KULIAH KOMPUTER DI KOTA PEKANBARU I-TECH

    https://kuliahkomputerdijamb.blogspot.com/



    AlamatITech Course, Jl. Kiai H. Ahmad Dahlan No.1, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34111

    Anda berkunjung 1 bulan yang lalu

    Kuliah komputer di jambi i-tech || era yang sudah sangat modern ini perlu disadari bahwa keberadaan database yang dikelola secara digital telah lumayan semakin banyak di sekian tidak sedikit kalangan masyarakat. Alasan yang dimunculkan juga cukup jelas yakni lebih efisien serta meminimalisir pemakaian kertas.

    Keberadan database pun tidak hanya ditemui dalam lingkup IT atau perusahaan saja, tetapi nyaris di semua bidang di masyarakat seperti dalam sekolah, pemerintahan dan lain – lain. Dengan peran vital yang dimiliki maka diperlukan juga suatu sistem atau teknik khusus dalam pembuatan serta pengelolaan database secara terstruktur. Sistem yang dimaksudkan merupakan DBMS (Database Management System).


    Dalam istilah Bahasa Indonesia mungkin lebih mengenal Sistem Manajemen Database dengan tujuan lebih mempermudah pengelolaan database secara terstruktur dan rapi dengan teknik komputerisasi modern. Di lingkup perusahaan – perusahaan atau di lingkungan lainnya pun telah mulai menerapkan sistem ini. Dalam artikel yang kami tulis kali ini akan lebih mengulas tentang Database Management System beserta fungsi dan aplikasi yang dapat anda gunakan. Langsung saja ulasan lengkap mengenai pengertian DBMS dapat anda simak berikut ini :

    Pengertian DBMS (Database Management System)
    Pengertian DBMS merupakan

    Sebelumnya sempat dirundingkan bahwa DBMS merupakansuatu sistem yang lebih memberikan efisiensi serta mempermudah dalam hal pengelolaan database berbasis komputer. Definisi sesungguhnya dari DBMS atau Database Management System merupakan suatu sistem yang dapat mengubah atau mengorganisasikan database pada komputer.

    Dengan adanya DBMS di samping lebih tepat guna pun dapat digunakan media untuk membangun interface atau tatap muka yang simpel oleh seluruh user. Bentuk tatap muka yang dibangun umumnya merupakan dalam bentuk tabel atau relasi. Biasanya diperlukan suatu Bahasa atau perintah eksklusif guna mengelola database baik oleh admin maupun pemakai umum.

    Perintah atau instruksi yang dimaksud dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Manipulation Language). Data Definition Language merupakan suatu instruksi yang lebih ditujukan pada database secara keseluruhan, biasanya hanya dapat diakses oleh admin database. Sedangkan pada Data Manipulation Language, instruksi yang di berikan lebih guna isi datanya dan terkadang dapat diakses secara umum.

    Fungsi DBMS (Database Management System)
    fungsi dbms

    Sebagai sebuah sistem atau aplikasi yang terstruktur fungsi dari DBMS cukup jelas yakni sebagai media penghubung antara user dengan database yang tersimpan. Sebelumnya juga sudah dijelaskan bahwa suatu DBMS dapat berupa tampilan atau interface yang dibuat sedemikian rupa sehingga baik admin maupun user dapat menggarap pengelolaan database dengan lebih efektif. Diperlukan pun sebuah standard atau Bahasa khusus yang dapat digunakan, bisa berupa tools pada software atau bahkan script manual.


    Fungsi lain yang dapat diperoleh dari adanya DBMS merupakan menjadi file manager atau biasa disebut media pengelolaan file khusus. Dari segi ketenteraman pun tentunya lebih terjamin karena data dapat disimpan secara permanen di sistem komputer yang anda gunakan. Namun wajib diingat juga pemakaian komputer sebagai media pengelolaan database pun memerlukan sebuah soft skill khusus dan wajib dipahami lebih mendalam.

    Mengingat betapa pentingnya pemakaian DBMS di hampir segala bidang maka tidak mengherankan bila mulai tidak sedikit didatangi pembelajaran mengenai bidang DBMS. Bisa di pendidikan formal maupun kursus untuk menjadi seorang admin database. Hal ini bertujuan agar semakin mengoptimalkan peran DBMS dalam pengelolaan database baik di lingkungan kerja maupun dalam kehidupan sehari – hari.

    Contoh Software DBMS
    contoh aplikasi DBMS
    MySQL, salah satu software DBMS yang paling populer

    Sebagai sebuah sistem yang terstruktur DBMS memerlukan software atau aplikasi tertentu yang memang dibuat dengan tujuan khusus untuk mengelola database pada komputer anda. Sebenarnya terdapat tidak tidak banyak sekali software atau aplikasi yang dapat digunakan untuk pengelolaan database secara terstruktur namun kami akan lebih lebih fokus pada yang paling sering digunakan. Contoh software yang paling sering dipakai ialah Oracle Database, MySQL, Microsoft SQL Server, PostgreSQL dan akan kami ucapkan lebih mendalam berikut ini :

    1. Oracle Database
    Sesuai dengan namanya, software ini dikembangkan oleh Oracle Corporation dan menjadi basis data yang paling sering digunakan karena sifatnya yang dapat dijalankan pada hampir semua perangkat komputer (multi platform). Wujud dari Oracle Database ini merupakan sebagai kumpulan data yang saling terhubung (relasi) pada suatu manajemen DBMS. Software ini dibangun menggunakan Bahasa pemrograman C dan C++.

    2. MySQL
    Software yang satu ini menjadi yang sangat tidak sedikit dipakai untuk keperluan database SQL (Structured Query Language). Pada MySQL proses pembuatan dan pengelolaan database dilakukan dengan menggunakan query atau perintah khusus sehingga lebih efektif. Penggunaan MySQL paling sering dijumpai pada database suatu web dan menjadi salah satu fasilitas yang hampir selalu ada pada semua hosting server. Sama seperti Oracle Database, MySQL ini pun termasuk multi platform.

    3. Microsoft SQL Server
    Dari namanya telah lumayan jelas bahwa software yang satu ini merupakansalah satu produk dari Microsoft Inc. Pada tadinya pemakaian database ditujukan pada server perusahaan berskala kecil dan menengah. Dan ketika mulai muncul server berskala besar akhirnya seluruh pemakai mulai menggunakan Microsoft SQL Server yang memang dibuat khusus supaya dapat menangani ribuan data atau bahkan lebih.

    4. PostgreSQL
    Software yang satu ini memiliki simbol gajah yang lumayan menarik untuk sebuah perangkat lunak khusus pengelolaan database namun menjadi yang sangat tidak sedikit ditelusuri di samping MySQL dan Oracle Database. Salah satu kelebihan dari PostgreSQL ini merupakan pada penentuan relasi database yang powerful serta sifatnya yang open source.

    Itulah ulasan tentang definisi DBMS beserta fungsi dan contoh software DBMS yang paling sering digunakan untuk mengelola database. Dengan adanya DBMS ini, saya dan kamu bisa dengan mudah mengelola database dari sebuah software atau website.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar