• kuliah komputer | kuliah komputer di jambi ( i-tech )

    kuliah komputer | kuliah komputer di jambi ( i-tech )





    KULIAH KOMPUTER DI JAMBI ( I-TECH ) - Secara umum, pengertian manajemen merupakansuatu seni dalam ilmu dn pengorganisasian seperti menyusun perencanaan, membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan. Bisa juga diartikan bahwa manajemen merupakansuatu ilmu pengetahuan yang sistematis agar dapat mengetahui kenapa dan bagaimana manusia saling bekerja sama agar dapat menghasilkan sesuatu yang berfungsi untuk orang lain maupun kumpulan tertentu dan masyarakat luas.

    Secara etimologis, pengertian manajemen merupakanseni untuk melaksanakan dan mengatur. Manajemen ini juga ditonton sebagai ilmu yang mengajarkan proses mendapatkan tujuan dalam organisasi, sebagai usaha bersama dengan sebanyak orang dalam organisasi tersebut. Sehingga, ada orang yang merumuskan dan melaksanakan tindakan manajemen yang disebut dengan manajer.

    Fungsi Manajemen

    Pada dasarnya, fungsi manajemen dibagi menjadi tiga, yaitu:

    1. Perencanaan (planning)
    Pernecanaan merupakanmemikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menilai tujuan perusahaan secara keseluruhan dan kiat terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi sekian tidak tidak tidak sedikit rencana opsi sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakanproses terpenting dari seluruh faedah manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.

    2. Pengorganisasian (organizing)
    Pengorganisasian dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam menggarap pengawasan dan menilai orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan kiat menilai tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, dan pada tingkatan mana keputusan harus diambil.

    3. Pengarahan (directing)
    Pengarahan merupakansuatu tindakan untuk mengusahakan supaya seluruh anggota kumpulan berjuang supaya dapat mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.

    Unsur-Unsur Manajemen


    Setiap perusahaan memiliki unsur-unsur untuk merangkai sistem manajerial yang baik. Unsur-unsur inilah yang dinamakan bagian manajemen. Jika salah satu diantaranya tidak sempurna atau tidak ada, maka akan berimbas dengan berkurangnya upaya untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Unsur-unsur tersebut diantaranya sebagai berikut.

    a. Human (Manusia)
    Dalam manajemen, urusan manusia adalahyang paling menilai. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang menggarap proses untuk mencapai tujuan. Tanpa adanya manusia maka tidak ada proses kerja, sebab pada dasarnya manusia adalahmakhluk kerja.

    b. Money (Uang)
    Uang merupakansalah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang merupakanalat tukar dan perlengkapan pengukur nilai. Besar-kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah duit yang beredar dalam perusahaan. Oleh sebab tersebut duit adalahalat (tools) yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. Hal ini bakal bersangkutandengan berapa duit yang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli serta berapa hasil yang akan dicapai dari suatu organisasi.

    c. Materials (Bahan)
    Material terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) dan bahan jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang kawakan dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan/materi-materi sebagai salah satu sarana. Sebab latihan dan manusia tidak dapat dipisahkan, tanpa latihan tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki.

    d. Machines (Mesin)
    Dalam kegiatan perusahaan, mesin sangat diperlukan. Penggunaan mesin akan membawa kemudahan atau menghasilkan deviden | laba | laba | laba yang lebih tidak tidak tidak sedikit serta menciptakan efisiensi kerja.

    e. Methods (Metode)
    Dalam pelaksanaan kerja diperlukan metode-metode kerja. Suatu tata kiat kerja yang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan. Sebuah teknik dapat diputuskan sebagai penetapan kiat pelaksanaan kerja dengan menyerahkan sekian tidak tidak tidak sedikit pertimbangan-pertimbangan dari sasaran, fasilitas-fasilitas yang ada dan pemakaian waktu, serta fulus dan kegiatan usaha. Perlu diingat meskipun teknik baik, sedangkan orang yang melaksanakannya tidak mengetahui atau tidak mempunyai pengalaman maka hasilnya tidak akan memuaskan. Dengan demikian, peranan utama dalam manajemen tetap insan tersebut sendiri.

    f. Market (Pasar)
    Memasarkan produk tentu sangat urgen karena bila barang yang diproduksi tidak laku, maka proses produksi barang akan berhenti. Artinya, proses kerja tidak akan berlangsung. Oleh sebab itu, penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi adalahhal yang menilai dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar