• Bedanya Kuliah Teknik Informatika ,TKuliah Komputer Dij ambi (I-TECH)eknik Komputer ,Sistem Informasi

    Bedanya Kuliah Teknik Informatika ,TKuliah Komputer Dij ambi (I-TECH)eknik Komputer ,Sistem Informasi 



    Kuliah Komputer Di jambi (I-TECH)-Saat memilih jurusan guna kuliah, anda mungkin pernah mendatangi jurusan Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi yang terletak di satu universitas. Terdengar serupa satu sama lain, kan? Meski sama-sama berisi unsur komputer, pasti aja ketiga jurusan tersebut memiliki sejumlah perbedaan. Jangan melulu membuat asumsi, Quipperian. Kamu mesti memahami perbedaan ketiga jurusan tersebut supaya tidak salah pilih. Check this out!

    Teknik Informatika (Programming)
    Pada jurusan Teknik Informatika, anda akan mempelajari ilmu dan kiat yang membicarakan tentang pengolahan data atau masalah transformasi dengan memanfaatkan teknologi komputer melewati proses-proses logika. Jadi, mata kuliah yang anda temui bakal lebih tidak tidak tidak sedikit berkutat pada pemrograman (programming), teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat empuk (software). Di sejumlah universitas, jurusan Teknik Informatika dinamakan dengan Ilmu Komputer.

    Jadi, sebelum masuk ke jurusn ini, anda harus tanya kepad dirimu sendiri, apakah tujuan anda benar-benar bercita-cita menjadi praktisi IT sekaligus Software Engineer, Network Engineer, Database Engineer, Games Engineer? Apalagi, bila kamu milih Teknik Informatika (Computer Science) karena ikut teman, Gengsi atau pengen gaya-gayaan, usahakan sih hindari memilih jurusan ini.

    Mau Pilih Jalur Undangan? Ini Prediksi Jurusan Favorit di SNMPTN 2017!
    Karena bila tidak siap-siap merasakan pemanasan Otak Global! Karena telah pasti anda akan bertemu dengan Matematika (Aljabar, Kalkulus, Statistik, Diskrit dsb), Algoritma dan pasti saja Koding. Banyak orang terjebak di sini dan akhirnya sulit lulus dengan nilai pas-pasan. Nah, bila sudah begitu, hati-hati masih tidak tidak tidak sedikit perusahaan yang meminta transkrip Nilai, lho! Tapi tidak butuh ditakutkan jug, kok. Jika niat anda sudah bulat milih jurusan ini, niscaya anda mampu dan lulus dengan senyum.

    Teknik Komputer (Hardware)
    Lalu, apa bedanya Teknik Informatika dengan Teknik Komputer? Nah, bilamana Teknik Informatika lebih konsentrasi pada programming, maka anda akan lebih tidak jarang berkutat dengan perlengkapan keras (hardware) di jurusan Teknik Komputer. Tenang, anda tidak bakal tiba-tiba diminta guna merakit komputer, kok. Hardware yang dimaksud hendak bersangkutandengan microcontroller dan prosesor komputer. Sesekali, kamu pun akan bertemu dengan ulasan programming dengan “bahasa mesin”.

    Sistem Informasi (Komputer & Manajemen)
    Ini, nih, jurusan yang menggabungkan ilmu mengenai komputer dengan bisnis/manajemen. Sebenarnya, ilmu yang dipelajari tidak jauh bertolak belakang dengan Teknik Informatika. Tetapi, Sistem Informasi juga bermanfaat untuk menjadi “jembatan” antara keperluan bisnis dan software yang mesti dirancang. Jadi, anda tidak melulu belajar mengenai ilmu merancang aplikasi, kamu pun dituntut guna dapat berkomunikasi secara efektif dengan klien bisnis sesudah lulus nanti.

    Pahami Perbedaan Secara Mendalam
    Saat ini, jurusan Ilmu Komputer lebih misal ke arah ‘sains’-nya komputer, sebab akan membicarakan lebih dalam mengenai algoritma, konsep pemikiran suatu aplikasi, teori jaringan, dan lain-lain. Skripsi dari jurusan ilmu komputer boleh membicarakan sebuah teori/algoritma tertentu tanpa mesti menciptakan aplikasinya.

    Jurusan Teknik Informatika lebih condong ke implementasi daripada teori. Di sini bakal lebih fokus untuk proses penciptaan aplikasi, walaupun begitu, teori pun pasti dibicarakan tapi tidak sedalam di Ilmu Komputer. Skripsinya anak TI (Teknik Informasi) wajib menciptakan aplikasi.

    Jurusan Sistem Informasi bakal menggabungkan konsep komputer dan bisnis/manajemen. Tujuannya sebagai ‘jembatan’ antara keperluan bisnis dengan software yang harus dirancang. Contohnya laksana bagaimana bersangkutandengan client bisnis, bagaimana merancang software menurut penjelasan dari skala bisnis perusahaan, dan seterusnya.


    Jurusan Teknik Komputer lebih untuk hardware. Walaupun menggunakan nama ‘komputer,’ jurusan ini tidak jarang berada di bawah Fakultas Teknik. Hal ini sebenarnya serupa dengan Fakultas Teknik Elektro, namun pun akan dibicarakan tentang programming yang memakai ‘bahasa mesin.’ Hardware di sini lebih ke arah microcontroller, ‘chip’ atau processor komputer. Bukan bagaimana merakit komputer.

    Jurusan Kurang Populer Tapi Pekerjaannya Banyak Dibutuhkan di Indonesia!
    Perbedaan di atas hanya cerminan umum, dan dapat sangat bertolak belakang tergantung dengan Universitas mana yang bakal kalian pilih. Beda universitas, lain nama, dan akan lain pula kurikulumnya. Misalnya, bila mengambil jurusan Ilmu Komputer IPB, pasti akan membicarakan bagaimana implementasi ilmu komputer ke pertanian.

    Karena bertolak belakang satu sama lain, alumni dari ketiga jurusan tersebut pasti mempunyai gelar yang berbeda. Lulusan dari Teknik Informatika bakal mendapat gelar S.Kom, bertolak belakang dari Ilmu Komputer yang mempunyai gelar S. Inf. Sedangkan, mahasiswa Sistem Informasi nantinya bakal mendapatkan gelar S. SI. Semoga setelah menyimak pembahasan di atas, anda tidak lagi merasa bingung dengan ketiga jurusan tersebut, ya, Quipperian. Kamu tidak mau, kan, bila sampai salah pilih jurusan?

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar